Senin, 07 Mei 2018

SAATNYA MEMANJAKAN MY ULTRABOOK

MEMANJAKAN ULTRABOOK DENGAN CCLEANER

Oleh: Sinta Rosanti


Gambar 1. My Ultrabook

Tidak bisa dipungkiri, seringkali saya lupa merawat bahkan mengabaikan kesehatan Ultrabook saya. Hampir setiap saat saya menggunakan Ultrabook untuk mengerjakan berbagai tugas seperti tugas kantor maupun tugas kuliah, bahkan dipakai untuk bermain game, nonton Youtube, ataupun sekedar mendengarkan musik oleh anak-anak tercinta, tetapi jarang sekali saya memanjakannya. Dengan tugas dari mata kuliah Pengantar Informasi ini, saya seakan diingatkan kembali betapa pentingnya kesehatan Ultrabook yang selalu setia membantu dan mempermudah pekerjaan saya ini.
Langsung saja, berikut saya perkenalkan CCleaner yang saya gunakan untuk memanjakan Ultrabook saya agar tetap awet dan berumur lebih lama:
Gambar 2. Logo CCleaner
CCleaner adalah program utilitas yang berguna untuk optimasi sistem dan tool pembersih file komputer. Software CCleaner dibuat dan dikembangkan oleh Piriform Ltd.
Perangkat lunak komputer ini memiliki banyak kemampuan dan kelebihan di balik ukuran filenya yang relatif kecil. CCleaner akan membersihkan file-file yang tidak bermanfaat di sistem komputer Anda, sehingga akan mengurangi penggunaan kapasitas harddisk dan akan mempercepat jalannya komputer Anda. Tool ini bisa digunakan untuk membersihkan jejak atau history di web browser, filetemporary di Windows, membuang dan memperbaiki kesalahan registry, bahkan bisa dipakai untuk membuang instalasi software yang membandel karena tidak bisa di-uninstall dengan cara reguler. Selain itu, CCleaner juga bisa dipakai untuk mengontrol jalannya program di startup. 
Program CCleaner banyak digunakan oleh berbagai kalangan pengguna komputer. CCleaner merupakan software gratis yang bersifat Freeware. CCleaner dapat dijalankan di sistem operasi Windows XP, Windows 2000, Windows Vista, Windows 7, juga tersedia untuk Mac OS. Untuk menginstall versi terbaru program ini, komputer Windows Anda tidak dipersyaratkan untuk memiliki spesifikasi minimal, cukup hanya tersedia sedikit kapasitas kosong minimal di harddisk sebesar 3,5 MB.
Cleaner merupakan aplikasi yang umum digunakan oleh para user, selain karena memang sudah terkenal namanya namun karena program ini juga gratis alias tidak berbayar (free). Lalu menu dan fitur apa saja yang terdapat pada CCleaner ini dan bagaimana cara menggunakannya?

1. Cleaner
Gambar 3. Tampilan Cleaner
Ini merupakan fitur paling utama dan ada 2 Tab yang dipilih yaitu:
Windows merupakan file history dari program dari windows dan bukan aplikasi/program download/aplikasi pihak ketiga.
Applications merupakan file history dari program aplikasi yang diinstal di komputer, seperti browser (Mozila Firefox dan Google Chrome)
Untuk melakukan pembersihan pertama klik Analyze kemudian akan muncul hasil analisis yaitu berupa ukuran file yang teranalisis dan kemudian Run Cleaner untuk melakukan penghapusan history/cookie/cache. Lakukan hal yang sama untuk Tab Windows dan Tab Aplications.

2. Registry
Gambar 4. Tampilan Registry
Yang pertama dilakukan adalah menandai semua jenis registry yang akan dianalisis isu/error sistem, untuk melakukan analisis klik Scan for Issues kemudian akan muncul daftar registry yang mengalami masalah.
Jika anda ingin memperbaiki semuanya maka tandai semua dan klik Fix selected issues. Kemudian anda akan ditanyakan apakah akan melakukan Back Up namun menurut saya tidak perlu (terserah user). Terakhir lakukan perbaikan registry yang bermasalah dengan cara Fix Issue untuk melakukan perbaikan satu per satu dan Fix All Selected Issues (disarankan) tandai semua dan klik, setelah selesai kemudian Close.

3. Tools
Gambar 5. Tampilan Tools
Beberapa menu pada Tools ini antara lain:
  1. Uninstal: Untuk melakukan penghapusan aplikasi atau software
  2. Startup: Berfungsi untuk memilih program apa saja yang di ijinkan dan tidak di ijinkan berjalan saat komputer di hidupkan.
  3. File Finder: Fitur yang berfungsi untuk melakukan pencarian file secara mendetail.
  4. System Restore: Berfungsi untuk mengembalikan ke pengaturan/kondisi komputer sebelumnya. Sehingga Aplikasi yang sudah dihapus sebelumnya akan bisa kembali, namun aplikasi yang terinstal pada periode tersebut akan hilang. Jangan khawatr karena ada daftar jenis program dan keterangan (removed atau installed)
  5. Drive Wiper: Untuk melakukan scan lebih lanjut terhadap file sampah pada Disk (C/D/E) dan bertujuan untuk memberikan ruang yang lebih untuk drive/disk.

 4. Option
Gambar 6. Tampilan Option
Menurut saya menu ini lebih ke pengaturan aplikasi CCleaner sendiri meliputi bahasa yang dipilih, kemudian pengaturan penggunaan lainnya dan tentang aplikasi CCleaner tersebut. Namun disini yang penting adalah ada daftar Cookies yang disimpan, baik yang tersimpan dikomputer maupun yang sengaja di lindungi oleh pengguna misal password, dll.
CCleaner merupakan program cleaner pada komputer yang disajikan dengan simpel namun tetap berkualitas, menurut saya. Selain fitur cleaner menurut saya fitur yang sangat penting pada CCleaner ini adalah System Restore dan Startup. Walaupun sebenarnya windows sendiri telah menyediakan fasilitas tersebut.
Berikut saya lampirkan video cara Download, Install dan Menjalankan CCleaner:

Kesimpulan, aplikasi CCleaner sangat mudah digunakan dan dapat berjalan pada OS Windows XP, Vista, 7, 8 maupun Windows 10 serta ada dua jenis yang bisa dipilih yaitu installer dan portable.
Untuk menggunakan aplikasi ini setelah menginstall lalu jalankan dan lakukanlah pengaturan dari menu options untuk menentukan item apa saja yang ingin dihapus setelah itu pilih Run Cleaner dan tunggu sampai selesai.
Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/CCleaner. Diakses pada tanggal 6 Mei 2018.
https://www.youtube.com/watch?v=Mk4ILhX17zc. Diakses pada tanggal 6 Mei 2018.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar