Senin, 28 Mei 2018

PANDUAN MEMBUAT MOBILE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN iSPRING SUITE 8

PANDUAN MEMBUAT MOBILE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN iSPRING SUITE 8

Oleh: Sinta Rosanti


Sebagaimana kita ketahui bahwa Mobile Learning merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pada konsep pembelajaran tersebut, Mobile Learning membawa manfaat ketersediaan bahan ajar yang dapat diakses setiap saat dan visualisasi materi yang menarik. Namun hal penting yang perlu diperhatikan adalah tidak setiap materi pelajaran cocok memanfaatkan Mobile Learning.

Pada postingan sebelumnya, dapat dibuka pada link Panduan Membuat Multimedia Interaktif Dengan Menggunakan iSpring Suite 8, telah dijelaskan bagaimana cara membuat Multimedia Interaktif dengan Menggunakan iSpring Suite 8. Dan sekarang kita akan belajar membuat Mobile Learning yang juga masih berbantuan  iSpring Suite 8. Yuk, kepoin langkah-langkahnya!

1. Langkah pertama adalah buka aplikasi PowerPoint.

2. Buka File Pembelajaran dalam PowerPoint yang sudah dibuat sebelumnya.

3. Pilih iSpring Suite 8

4. Lalu pilih Publish

5.  Pada menu Publish pilih CD, isi Presentation title dengan nama presentasi yang akan dibuat, Local folder untuk menentukan lokasi penyimpanan file hasil Publish, kemudian pilih All slides, Mobile (HTML-5) dan Universal (Full-Modified), tampilannya bisa  dilihat pada gambar dibawah!

6. Selanjutnya, pilih Templates, pilih Full-Modified 

 7. Kemudian, tentukan Layout, pada Player Panels bisa dipilih tampilan playernya; Top Bar jika ingin papan playernya ada dibagian atas tampilan, atau Bottom Bar jika ingin papan playernya berada dibawah tampilan (Saya memilih Bottom Bar). Kemudian semua Feature dipilih dalam posisi None semuanya (Klik tanda panah).

 8. Jangan lupa pilih Apply & Close untuk menyimpan settingan yang sudah dibuat.

9. Kemudian klik Publish

 10. Tunggu proses pembuatan filenya (harus sabar ya!!)

11. Jika sudah selesai, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah. Klik Open Folder untuk membuka tempat penyimpanan file yang telah dibuat.

12. Copykan folder tersebut kedalam Smartphone. File yang sukses dibuat adalah berupa file HTML, jadi untuk membukanya di Smartphone dibutuhkan pembuka file HTML yang bisa diunduh dari Playstore.

13. Ini dia beberapa tampilan Mobile Learning di Smartphone.
 14. Selamat Belajar!! Semoga Berhasil!!