Rabu, 16 Mei 2018

PANDUAN MEMBUAT MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN iSPRING SUITE 8

PANDUAN MEMBUAT MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN iSPRING SUITE 8

Oleh: Sinta Rosanti



A.     PENDAHULUAN
iSpring Suite 8 merupakan salah satu tool yang mengubah file presentasi yang kompatibel dengan PowerPoint untuk menjadikan bentuk flash. Perangkat lunak iSpring tersedia dalam versi free (gratis) dan pro (berbayar).
iSpring Suite 8 secara mudah dapat diintegrasikan dalam Microsoft PowerPoint sehingga Anda tidak membutuhkan keahlian khusus. Beberapa fitur iSpring Presenter adalah:
1.  iSpring Suite 8 bekerja sebagai add-ins PowerPoint, untuk menjadikan file PowerPoint lebih menarik dan interaktif berbasis Flash dan dapat dibuka di hampir setiap komputer atau platform. 
2.  Dikembangkan untuk mendukung e-learning. iSpring Suite 8 dapat menyisipkan berbagai bentuk media, sehingga media pembelajaran yang dihasilkan akan lebih menarik, diantaranya adalah dapat merekam dan sinkronisasi video presenter, menambahkan Flash dan video YouTube, mengimpor atau merekam audio, menambahkan informasi pembuat presentasi dan logo perusahaan, serta membuat navigasi dan desain yang unik (pro).
3.  Mudah didistribusikan dalam format flash, yang dapat digunakan dimanapun dan dioptimalkan untuk web.
4. Membuat kuis dengan berbagai jenis pertanyaan/soal yaitu: True/False, Multiple Choice, Multiple response, Type In, Matching, Sequence, numeric, Fill in the Blank, Multiple Choice Text (pro).

B.     PANDUAN MEMBUAT MMI DENGAN iSPRING SUITE 8
1.  Pastikan bahwa aplikasi Ispring Suite 8 (Versi terbaru) sudah terinstall pada komputer atau laptop.
2.  Buka aplikasi Microsoft PowerPoint (yang saya gunakan adalah PowerPoint 2016)


3.  Buka File Pembelajaran dalam PowerPoint yang sudah dibuat sebelumnya.


4.  Setelah PowerPoint terbuka maka pada Menu Bar sudah terdapat menu iSpring Suite 8 yang ditunjukan dengan lingkaran Merah pada gambar dibawah!


5.   Jika sudah ada, maka iSpring Suite 8 sudah berjalan pada PowerPoint. Langkah pertama kita mulai dengan membuat soal yang berupa quiz interaktif dengan iSpring Suite 8. 
     Catatan: kita juga dapat membuat quis atau tes interaktif saja tanpa adanya materi ajar, agar tes tersebut dapat digunakan pada evaluasi berupa: Ulangan Semester, Ulangan Harian atau juga sebagai Try Out UN.
6.  Buat beberapa slide  (Tergantung banyaknya materi yang ingin di sajikan). Sebagai contoh saya membuat 7 slide , yang pada slide  ke 6 akan saya sisipkan Soal yang dibuat dengan Ispring Suite 8.
7.  Pada slide  ke 6, klik Ispring Suite 8 lalu pilih tombol Quiz (Lihat gambar!)

8.  Selanjutnya akan muncul gambar sebagai berikut, lalu pilih Graded Quiz. 


9.  Kemudian pilih Graded Questions dan Multiple Choice (untuk soal berbentuk pilihan ganda)


10. Langkah selanjutnya, pada Display slide  tuliskan kata-kata pembuka sesuai dengan materi soal atau quiz yang akan dibuat. Disini saya tuliskan “Welcome to Suggestion and Offers Quiz”.


11. Untuk menyisipkan soal dan pilihan jawabannya, klik kembali Graded Questions dan Multiple Choice. Lakukan langkah ini beberapa kali sesuai dengan jumlah soal yang akan dibuat.


12. Sebagai contoh disini saya membuat 5 soal berbentuk Multiple Choice. Kemudian akan muncul gambar seperti berikut. 


13. Setelah diketik atau disalin soal dari Microsoft Word, maka hasilnya akan seperti digambar berikut ini:


14. Langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan dengan memilih menu Properties, kemudian isi Quiz title dengan judul quiz yang dibuat, lalu tentukan KKM dengan mengisi Passing Score, selanjutnya pilih Time limit untuk menentukan batas waktu pengisian quiz, Attempts untuk berapa batas pengulangan quiz dan Quiz taker info untuk meminta informasi dari pengisi quiz (data siswa). Jangan lupa tekan Ok. Agar lebih jelas bisa dilihat pada gambar dibawah ini.


15. Selanjutnya simpan pengaturan yang telah dibuat dengan menekan tombol Save and Return to Course (Lihat gambar!).


16. Berikut tampilan slide  6 yang telah disisipkan quiz dengan iSpring Suite 8. Jika ingin mengedit kembali quiznya, tinggal klik tombol Quiz di menu bar seperti terlihat pada gambar.


17. Jika ingin tampilan multimedia pembelajarannya lebih menarik dan interaktif, kita sisipkan video dengan cara klik Ispring Suite 8 lalu pilih tombol Record Video (Lihat gambar!)


18. Kemudian akan muncul gambar seperti berikut: 


19. Untuk merekam video dalam setiap slide  dapat dilakukan langkah-langkah seperti dalam gambar berikut ini.


20. Sekarang kita masuk pada tahap PUBLISH atau pembuatan file. Langkahnya adalah klik menu iSpring Suite 8, pilih Publish, pilih CD, isi Presentation title dengan nama presentasi yang telah dibuat,  Local folder untuk menentukan lokasi penyimpanan file hasil Publish, tampilannya lihat gambar dibawah!


21. Tunggu proses membuat File swf nya!


22. Untuk mengetahui file yang telah dibuat tadi maka kita menuju pada lokasi penyimpanan file  (karena pada settingan awal publish saya menyimpan di  Data D) lihat Gambar!


23. Buka folder yang sudah diberi nama pada saat pengaturan. Buka hasil Publish dengan nama file movie


24Tampilan PowerPoint yang menggunakan iSpring Suite 8 dan telah di Publish


25Tampilan gambar quiz yang telah di Publish


26Sampai disini dulu panduan membuat multimedia interaktif dengan menggunakan iSpring Suite 8. Semoga dapat membantu rekan-rekan sejawat dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. SEMOGA BERMANFAAT! 


Referensi:



4 komentar:

  1. saya pakai powerpoint 2016 tapi ispring suite 8 tidak mau publish, bahkan insert flash dan youtube juga tidak mau. selalu minta instal flash player 10 keatas, padahal saya sudah instal flash player 11. Ada solusi, bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa d screenshot erornya ketika tidak mau d publish?

      Hapus